Jumat, 13 April 2012

BELLA ESPERANCE "Keseriusan dan prinsip teguh sang aktris"

BELLA ESPERANCE 

Lahir : 6 Juni 1965
Genre : Drama, Thriller
Quote
"Peran antagonis membuat penampilan saya lebih hidup"

Bella Esperance, seorang aktris asal Singapura, mengawali karir sebagai model dan peragawati. Bella kemudian direkomendasikan Pierre Gruno untuk bermain dalam film karya Chaerul Umam, Terang Bulan di Tengah Hari di tahun 1988. Dalam film debutnya ini, Bella bermain dengan aktor dan aktris senior, seperti Zoraya Perucha, Bob Sadino, Slamet Rahardjo, Cok Simbara, Sys NS dan Yati Surachman. Bella memang memiliki prinsip untuk bermain dengan mereka yang sudah punya nama.

Karir Bella Esperance mulai mencuat di tahun 1989. Bella Esperance mengikuti kasting film Catatan Si Boy III, dan Bella diterima. dalam film tersebut, Bella beradu akting dengan Meriam Bellina, Onky Alexander dan Didi Petet. Bella berperan sebagai Sheila, soerang wanita Indonesia ketrunana Filipina. Nama Bella pun semakin dikenal. Bella Esperance cukup selektif dalam memilih peran. Bella sempat ditawari main film 'panas'. Tapi tawarn itu ditolak. Bella juga tiga kali ditawari main film komedi Warkop DKI, namun ditolak. Alhasil, Bella Esperance pun tidak begitu banyak tampil dalam layar lebar.

Di tahun 1990, Bella bermain di film karya Ida Farida  Perempuan Kedua, bersama Sophan Sophiaan, Widyawati, Ida Iasha, dan Deddy Mizwar. Di tahun 1991, Bella mendapat keberuntungan, bermain di film drama Bibir Mer. Bella pun disutradarai oleh sineas senior, Arifin C Noer. Kesempatan yang diberikan kepada ia pun, tak disia-siakannya. Bella berusaha keras agar tampil maksimal. Berkat arahan seorang Arifin C Noer dan atas kerja kerasnya itu, Bella pun mendapatkan nominasi Piala Citra untuk pemeran utama wanita dalam FFI 1992.

Akting Bella Esperance dalam film The Perfect House (2011)
Ketika perfilman nasional mengalami mati suri di era 90an, Bella pun bermain sinetron. Pertama kali Bella bermain di miniseri Halimun, bersama Paramitha Rusady dan Tio Pakusadewo. Miniseri ini hanya 6 episode, namun akting Bella dihujani lebih dari enam pujian. Kemudian Bella ta,pil dalam beberapa judul sinetron. Kebanyakan Bella berperan antagonis. Publik pun semakin mengingat Bella Esperance dengan peran-peran antagonisnya. Bella Esperance yang dari dulu selektif dalam memilih peran, membuat dia juga jarang tampil dalam televisi. Di tahun 2001, Bella bermain bagus di film televisi Loe Fen Koei. Ketika perfilman mulai bangkit lagi di era 2000, Bella tampil kembali dalam film Hantu Bangku Kosong. Selanjutnya Bella kebanyakan bermain di film Horor. Perannya yang mencuri perhatian, adalah ketika dalam film Kuntilanak 2. Perannya yang sangat sadis dan "freak" sangat mencuri perhatian. Terakhir, dia bermain di dua judul film ber genre Thriller dan Horor , yaitu  "The Perfect House" dan "Hi5teria". Dalam dua film tersebut, Bella menunjukkan akting yang hebat dan luar biasa.

Bella Esperance, seorang aktris yang serius dan komitmen dengan pilihannya. Prinsipnya yang selektif memilih peran menunjukkan bahwa dia tidak main-main dengan dunia akting dan film yang telah membesarkan namanya. Publik telah mencatatnya sebagai salah satu aktris yang telah mewarnai perjalanan panjang dunia perfilman nasional.

Filmografi


Prestasi 
Nominasi Pemeran Utama Wanita, Piala Citra FFI 1992 (Bibir Mer)

Trivia
Bella Esperance bermain film Bidadari Berambut Emas (1992) bersama aktris asal Amerika Serikat, Cynthia Rothrock

Tidak ada komentar:

Posting Komentar