Minggu, 22 April 2012

10 Karakter "Villain" dalam Film Indonesia (Bagian 1) dan *Special Mention

Inilah 12 tokoh atau karakter "villain" dalam sejarah perfilman Indonesia, yang perannya begitu berkesan dan akan selalu terkenang karena begitu "berbahaya". Mereka adalah :

1. Dora - MIEKE WIJAYA (Beranak Dalam Kubur, 1971)



Seorang tokoh yang memiliki ambisi untuk menguasai harta keluarga, sampai tega berniat mengubur adik tirinya yang sedang mengandung, secara hidup-hidup (Suzanna), dan menembak ibunya sendiri. Karakter ini juga memiliki kelainan jiwa, senang ketika melihat adiknya celaka, tidak punya belas kasih dan dia menghalalkan segala cara agar keinginannya tercapai. Diperankan sangat baik oleh aktris Mieke Wijaya.

2. Alisha - LADYA CHERYL (Fiksi, 2008)



Ladya Cheryl sangat berhasil menjadi seorang perempuan yang punya "jiwa yang lain" seperti Alisha dalam film Fiksi ini. Alisha diceritakan sebagai anak orang kaya yang terkungkung dalam rumahnya yang besar dan memiliki masa lalu yang kelam tentang kedua orangtuanya, kemudian Alisha bertemu dan jatuh cinta pada seorang pemuda. Cintanya itu membuatnya "buta", segala cara dilakukannya untuk mendekati pemuda itu, dari menipu, menjebak hingga membunuh. Alisha digambarkan juga memiliki jiwa psikopatik. Keberhasilan Ladya Cheryl, membuahkan nominasi pemeran utama wanita FFI 2008.

3. Darmina - RUTH PELUPESSY (Pengabdi Setan, 1980)



Pemuja setan atau pengabdi setan. Darmina, berambisi menguasai harta sebuah keluarga, dengan melamar menjadi pekerja rumah tangga di rumah keluarga itu, ia melancarkan teror habis-habisan dengan memuja setan, membangunkan mayat-mayat hidup, yaitu orang-orang yang telah dibunuhnya. Tokoh ini terlihat menakutkan dan cukup menyeramkan dalam film ini. Ruth Pelupessy berhasil memerankannya dengan sangat baik, berhasil menciptakan "icon" antagonis dalam setiap perannya.

4. Mad Dog - YAYAN RUHIAN (The Raid, 2012)



Dalam film box office ini, tokoh Mad Dog menjadi tokoh jahat yang paling sukar dikalahkan. Pemerannya sendiri adalah seorang pesilat Yayan Ruhian, dengan penampilan rambut gondrong dan fisik yang mendukung, dia berhasil memerankan Mad Dog, salah satu gerombolan penjahat yang menjadi lawan yang paling susah dikalahkan oleh Rama (Iko Uwais).

5. Rhoda Darsono - IRA WIBOWO (Kasmaran, 1987)

              

Mirip seperti karakter Alex Forrest yang diperankan aktris Glenn Close dalam film Fatal Attraction (1987), karakter Rhoda Darsono juga memiliki sifat posesif pada laki-laki yang dicintai bahkan dipujanya, hingga sampai pada tingkat yang meresahkan lelaki itu. Posesifnya yang kelewat batas, sampai membuat teror-teror yang meresahkan sampai pada membunuh lelaki pujaanya itu, agar tidak ada yang bisa memilikinya selain dirinya. Selain posesif, Rhoda juga digabarkan mengalami kelainan jiwa. Arahan Slamet Rahardjo membuat akting Ira Wibowo begitu mengesankan, terbukti dengan nominasi FFI 1988 dan Festival Film bandung 1988 untuk Aktris Terpuji.


6. Kuntet - SUJIWO TEJO (Kafir, 2002)



Karakter seorang dukun santet dengan menjual jasanya yang membuat hidupnya mewah tapi dikucilkan masyarakat. Ilmu hitam yang dipelajarinya menjadi pangkal permasalahan. Untuk mendapatkan ilmu keabadian, dia harus menumbalkan nyawa. banyak kematian dikampungnya membongkar kejahatannya. Saat akan diadili, dia bersumpah apabila dia benar yang membunuh orang-orang, maka jika mati, jasadnya tidak diterima bumi, maka benarlah, jasadnya tidak diterima bumi. Karakter dukun santet ini benar-benar cocok diperankan Sujiwo Tejo, dia berhasil menciptakan karakter jahat dan bengis yang dibutakan oleh ilmu hitam.

7. Kontet - DON NASCO (Manusia 6 Juta Dollar, 1981)



Bos komplotan penjahat yang melakukan praktek-praktek kejahatan di ibukota, seperti menculik anak-anak, merampok dan memeras. Aktor Don Nasco, sang pemeran karakter Kontet, menjadi musuh bebuyutan kelompok detektif swasta yang diperankan WARKOP. Gerombolan Kontet juga tampil dalam film Eva Arnaz, Gadis Bionik (1982). Perawakannya yang unik, menjadikan ia salah satu icon tokoh jahat yang dikenang pencinta film Indonesia.

8. Madam Rita - BELLA ESPERANCE (The Perfect House, 2011)



Dalam film psikologi thriller ini, karakter Madam Rita menjadi tokoh kunci. Banyak orang menyangka, bahwa Madam Rita lah yang menjadi pembunuh dalam film ini. Namun itu keliru, Sosoknya yang misterius, dan posesif, menjadikan ia karakter yang menakutkan. Di final scene antara Madam Rita melawan Julie, adalah salah satu adegan yang mengesankan. Aktris Bella Esperance saya rasa sangat berhasil dalam memerankan karakter Madam Rita. 

9. Dara - SHAREEFA DAANISH (Rumah Dara, 2010)



Siapa yang tak ngeri dengan keberingasan Dara dalam menghabisi korban-korbannya? Dara menjadi sosok yang paling ditakuti dengan kemisteriusan dan keberingasannya. Film Rumah Dara atau Macabre ini, Dara diceritakan sebagai pembantai bersama keluarga misteriusnya terhadap orang-orang yang terjebak di rumah mereka, tujuannya untuk tetap hidup abadi. Rumah Dara juga menjadi salah satu pionir film thriller slasher, jadi karakter Dara yang bengis, sakit jiwa, dan brutal akan tetap terngiang di otak para pencinta film Indonesia sampai kapan pun. 

10. Piah - SUZANNA (Nafsu Gila, 1973)


Karakter yang berlatarbelakang mengalami hidup yang kelam, menjadikan ia sosok yang pendendam dan psikopatik. Kedatangannya di sebuah rumah jompo memunculkan banyak peristiwa aneh, dengan tewasnya para penghuni rumah jompo tersebut. Pelakunya, tak lain adalah Piah, yang membunuh satu persatu dengan keji. 

11. Guru Samir - RAY SAHETAPY (Mengaku Rasul, 2008)



Seorang mengaku dirinya rasul, berkarakter licik dan pandai berbohong, mengajarkan aliran sesat dan menyesatkan. Ray Sahetapy sangat sukses memerankan karakter ini.


12. Santi - JOICE ERNA (Arie Hanggara, 1985)


Kisah nyata penyiksaan anak di bawah umur, bernama Arie Hanggara. Ayah Arie dan ibu tirinya (Joice Erna) mendidik terlalu keras, bahkan kelewat batas. Tindakan kelewatan ini mengorbankan anak yang tidak berdosa. Peranan Joice Erna sungguh meyakinkan dan mengundang pujian banyak kalangan. Meraih sejumlah nominasi FFI 1986.

13.  Ratu Leak - SOFIA WD (Mistik / Mystics in Bali, 1981)






Film yang berlatar mitos dari Bali ini menampilkan karakter jahat, yaitu Ratu Leak (diperankan Sofia WD), Ratu leak memepralat seorang mahasiswi asing yang sedang meneliti ilmu gaib Leak di Bali. untuk dipinjam kepalanya untuk membunuh bayi dan mengisap darahnya.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar