Rabu, 30 Mei 2012

#BestOf DONNY DAMARA



DONNY DAMARA
Aktor, Model
Genre : Drama, Romansa
Tahun Aktif : 1988 - sekarang

"Akting itu katup pelepasan kejenuhan"


1. RENDY - Cinta Anak Jaman (Buce Malawau, 1988)



Film pertama Donny Damara, bermain bersama pemain-pemain seangkatannya, Paramitha Rusady, Ira Wibowo dan Didi Petet. Donny, seorang penyiar radio menjadi pasangan Paramitha, seorang instruktur senam. dimana pasangan baru ini masih labil dalam emnjalani hubungan, dengan cemburu-cemburu buta dengan alasan-alasan dangkal yang tidak dipikirkan secara matang, secara mereka sudah berumur dewasa atau matang, bukan remaja lagi. Peran kocak Didi Petet memberinya sebuah Piala Citra.

2. ALDI - Ketika Cinta Telah Berlalu (Adi Soerya Abdi, 1989)


Dalam film romansa ini, Donny Damara berperan sebagai mahasiswa ganteng, Aldi, yang berada diantara dua wanita, Dewi (Nurul Arifin) dan Dini (Sophia Latjuba). Hubungan Aldi dengan Dewi yang putus karena pilihan Dewi dalam mengejar karir, membuat Aldi berpaling pada Dini. Ketika Aldi menolak ajakan Dewi untuk kembali, Dewi frustasi dan meneror Aldi dan Dini.

3. TOM - Dua Kekasih (Agus Ellyas, 1990)


Donny kembali berpasangan dengan Paramitha Rusady, mereka menjadi suami dan istri. Perkawinan mereka dibumbui banyak konflik, seperti belum hadirnya keturunan, intervensi keluarga, kesibukan di karirnya dan jatuhnya Tom ke pelukan wanita lain (Ayu Azhari).

                                        4. JOHNY - Pagar Ayu (Agus Ellias, 1990)



Menjadi pemuda bernama Johny, selingkuhan atau lebih tepatnya pelampiasan seorang wanita bernama Ika (Paramitha Rusady). Hubungan Johny dengan Ika sudah terlalu jauh yang mengkaibatkan Ika hamil, padahal Ika telah bersuami (Rano Karno).

5. UJANG - Joe Turun Ke Desa (Chaerul Umam, 1990)


Berperan sebagai Ujang, seorang insinyur yang kembali ke desanya yang membantu sekelompok mahasiswa yang sedang melakukan kegiatan kuliah kerja nyata di desa. Ujang juga berperan dalam menyelsaikan konflik antara mahasiswa yang KKN dengan berandalan desa.

6. PRASOJO - Perwira dan Ksatria (Norman Benny, 1990)


Salah satu film yang mencuatkan nama Donny Damara sebagai seorang aktor handal.
Film ini juga bertema unik, dan jarang, tentang Angkatan Udara Republik Indonesia. Perannya sebagai Prasojo, pemuda dari keluarga yang kurang berada, bersungguh-sungguh berniat menjadi pilot tempur AU, dan akhirnya diterima di Akademi Angkatan Udara. Aktingnya yang mengesankan, membuatnya mendapat nominasi pertama di FFI 1991, untuk pemeran pembantu pria.

7. DONI - Boss Carmad (Chaerul Umam, 1990)


Lagi, dengan Paramitha Rusady. Donny Damara menjadi Doni, sama seperti namanya, dia seorang jurnalis yang berpacaran dengan Sutirah (Paramitha Rusady), seorang anak petani miskin yang hartanya habis dikeduk Boss Carmad (Deddy Mizwar), Boss Carmad juga mengincar Sutirah menjadi istrinya.

8. GANDI - Minggu Pagi di Victoria Park (Lola Amaria, 2010)


Berperan sebagai Gandi, pegawai kedutaan RI yang mengurusi buruh migran. Disini dia membantu Mayang (Lola Amaria) seorang buruh wanita yang menjadi TKW di Hongkong yang juga mencari adiknya, Sekar (Titi Sjuman), seorang TKW juga, yang menghilang tidak ada kabar beritanya.

9. SAIFUL / IPUY - Lovely Man (Teddy Soeriaatmadja, 2012)


Inilah salah satu peran yang paling menantang bagi Donny Damara, sekaligus membuktikan bahwa dirinya memang aktor yang patut diperhitungkan. Menjadi seorang transgender bernama Syaiful atau Ipuy, seorang pria yang mencari nafkah di Jakarta dengan menjadi banci, dan memiliki anak perempuan (Raihanuun) dari pesantren yang merindukan bapaknya yangh dipuja. Mereka dipertemukan setelah 14 tahun berpisah. Permainan yang sangat mengesankan dari Donny dan Raihanuun. Peran Donny sebagai Saiful memang luar biasa. Dia mampu menampilkan kegetiran hidup yang harus dijalani si waria tanpa banyak berkata-kata. Melalui gestur dan sorot mata, dia mampu mengatakan pada penonton, betapa kelam persoalan yang harus di lakoni sebagai transgender yang terpaksa "bekerja" di jalanan. Aktingnya yang tidak biasa ini menempatkan Donny membuat bangga Indonesia dengan menang di ajang Asian Film Award tahun ini dengan salah satunya mengalahkan aktor Andy Lau. Kemarin, aktingnya kembali dipuji dengan menjadi pemeran utama pria terbaik Indonesian Movie Award.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar