Selasa, 03 Juli 2012

LAGU TEMA FILM KLASIK (Bagian 1)


1. OST. PANTJAWARNA  (Pantjawarna, 1941)

Dalam buku katalog Film Nasional dari Bapak JB Kristanto, film Pantjawarna (1941) yang dibintangi Dhalia, Mochtar Widjaja dan Fifi Young dianggap sebagai sebagai film musikal pertama di negeri ini dengan diiringi 12 lagu keroncong yang sedang hits saat itu.

2. OST. TIGA DARA (Tiga Dara, 1956)


Film musikal dengan lagu tema "Tiga Dara" yang dinyanyikan oleh ketiga dara Chitra Dewi, Mieke Widjaja, Indriati Iskak yang musiknya digarap oleh Syaiful Bachrie.

3. OST. ASRAMA DARA  (Asrama Dara, 1958)


Setelah Tiga Dara, muncul film musikal lain, Asrama Dara. Usmar Ismail yang kembali menggarapnya, dan musiknya kembali digarap oleh Sjaiful Bachrie. Karena tema ceritanya, adalah tentang sebuah asrama, dengan banyak dara-dara muda, maka musik dan lagunya juga terdengar catchy, Salah satu film musikal terbaik.

4. OST. MENANTI KASIH - Bing Slamet (Menanti Kasih, 1949)


Dalam film yang disutradarai oleh Mohammad Said HJ, lagu tema Menanti Kasih yang dinyanyikan oleh Bing Slamet adalah hal yang menjadi nilai tambah film ini dan tentunya lagu ini lebih dikenal daripada filmnya sendiri.

5. OST. PENGANTIN REMAJA (Pengantin Remadja, 1971)


Di Era 1970-an, Idris Sardi menjadi sosok yang sangat berpengaruh dalam penggarapan musik dan lagu tema film. Salah satu karyanya, di film Pengantin Remadja, film romansa Sophan Sophiaan dan Widyawati, yang lagu temanya indah, walau dianggap mirip lagu Love Story dari Francis Lai. Lagu Romi dan Juli adalah lagu yang paling terkenang dari film ini.

6. CINTA PERTAMA - Anna Manthovanni (Cinta Pertama, 1973)


Film kedua Teguh Karya. berkolaborasi dengan Idris Sardi untuk menggarap musik dan lagu tema film. Idris Sardi memang unggul untuk menggarap lagu tema dan musik yang bernuansa drama dan romansa. Permainan dan gesekan sang biola maut yang khas, menciptakan tipikal dalam penggarapan karya-karyanya yang memiliki ciri khas, puitik, dan sarat dengan harmoni kegetiran, hal ini bisa terlihat dari film-film yang digarapnya, salah satunya Cinta pertama, yang menampilkan lagu-lagu seperti Cinta Pertama, Satu-Satu, Musim Bercinta yang dinyanyikan Anna Manthovani, Broery Pesolima. Saat konser Tribute To Teguh Karya, Anna Manthovanni muncul kembali setelah sekian lama menghilang, menyanyikan lagu Cinta Pertama. 


7. OST. AMBISI - Bing Slamet, Benyamin S, Anna Manthovani, God Bless, dll (Ambisi, 1973)


Di album lagu tema film komedi yang diperankan Bing Slamet dan Benyamin S ini, berisi lagu-lagu yang ada di film ini, dan penyanyi-penyanyi top saat itu, Bimbo, Anna Manthovanni, God Bless, Bimbo, Koes Plus, Deddy Damhudi, dan semua penyanyi / musisi menyanyikan dua buah lagu di albumnya.

8. MERPATI PUTIH, CINTAKU, ANGIN MALAM, BAJU PENGANTIN - Chrisye (Badai Pasti Berlalu, 1977)


Lagu Tema film klasik, tentunya tak akan lupa mengulas lagu tema film fenomenal Badai Pasti Berlalu (1977).   Album lagu tema yang didukung penyanyi-penyanyi baru saat itu, Chrisye dan Berlian Hutauruk, namun menjadi tonggak dan pembuktian bahwa mereka adalah penyanyi-penyanyi hebat negeri ini. Album yang digarap maestro Eros Djarot menampilkan lagu-lagu berkarakter, indah dan abadi hingga kini, sebut saja Merpati Putih, Merepih Alam, Cintaku, Baju Pengantin, Serasa, Angin Malam, Pelangi, dan lain-lain. Tak heran, album ini sejak 1978, terus dicetak ulang, dan album ini dianggap sebagai tonggak pencapaian estetika baru dalam musik pop Indonesia, tak heran jika album ini di rekonstruksi ulang tahun 1999 dengan aransemen baru Erwin Gutawa, dan tahun 2010, album Badai Pasti Berlalu dinilai sebagai album lagu Indonesia terbaik sepanjang masa oleh majalah Rolling Stones Indonesia. 

9. MATAHARI - Berlian Hutauruk (Badai Pasti Berlalu, 1977)


Suara Berlian Hutauruk yang sopran, menambah kegetiran di lagu ini. Matahari, salah satu hits dari banyak lagu di album Badai Pasti Berlalu. Saya rasa, pemilihan Berlian Hutauruk untuk menyanyikan beberapa lagu seperti Matahari, Semusim, dan Badai Pasti Berlalu adalah pilihan yang sangat tepat. Dan sangat disayangkan ketika Berlian Hutauruk tidak ditampilkan di album-albumk remake BPB, karena menurut saya, tidak ada yang bisa menggantikan ciri khas Berlian Hutauruk untuk lagu Matahari. Dan puncaknya ketika konser Tribute To Teguh Karya di tahun 2005, penampilan Berlian Hutauruk yang sangat memukau membuat penonton memberikan standing ovation. 

10. GITA CINTA, PUSPA INDAH, GALIH & RATNA - Chrisye (Gita Cinta Dari SMA, 1979)


Akhir era 70-an, muncul genre film remaja-remaja SMA, dan sering menampilkan Rano Karno sebagai pemerannya. Film Gita Cinta dari SMA menjadi pelopor booming-nya film ini. Suksesnya film ini berlanjut dengan sekuel, Puspa Indah Taman Hati, dan kedua film itu memasang Guruh Soekarnoputra, Chrisye dan Yockie Suryoprayogo sebagai pengisi lagu tema film. lagu-lagu dari kedua film itu kemudian dirilis dalam bentuk album berjudul Puspa Indah. Semua lagu diciptakan oleh Guruh Soekarnoputra, dan beberapa menjadi hits dari penyanyi legendaris Chrisye, seperti Gita Cinta, Puspa Indah, Galih dan Ratna

11. ANAK JALANAN - Chrisye (Ali Topan Anak Jalanan, 1977)


"Anak jalanan kota metropilitan.." lirik tegas dan kritis yang dikarang Guruh Soekarnoputra untuk tema film ini snagat cocok, apalagi dinyanyikan oleh penyanyi berkarakter seperti Chrisye. Lagu ini menjadi salah satu hits Chrisye, dan Guruh Soekarnoputra juga diganjar Piala Sinematografi LPKJ untuk tata musik terbaik kedua pada FFI 1978.

12. CATATAN SI BOY - Ikang Fawzy (Catatan Si Boy 1, 1987)


Pada era 80-an, muncul film-film pop remaja yang fenomenal di masa itu, salah satunya Catatan Si Boy. Film pop dari Nasri Cheppy ini sangat berkesan hingga kini. Dan tentunya lagu-lagu tema film ini menjadi hits, yang dibawakan Ikang Fawzy, "Siapa tak kenal dia.. Boy anak orang kaya, punya teman segudang, karena pergaulannya. Baik budi dan tidak sombong, jagoan lagipula pintar.. oh Boy.."


13. TERSERAH BOY - Atiek CB (Catatan Si Boy 3, 1989)



"Terserah Boy!!! ku hanya mengingatkan, jangan salah melangkah...ooo" itulah petikan lirik lagu Terserah Boy, yang dinyanyikan penyanyi tenar Atiek CB untuk lagu tema Catatan Si Boy 3. Film pop ini memang selalu menampilkan lagu-lagu tema yang mudah dicerna dan tentunya menjadi hits, tak terkecuali lagu ini. Dan penampilan Atiek CB di pembuka film ini dengan ensemble cast menambah niali tambah untuk film ini dan juga lagu ini.


14. EMOSI JIWA - Yana Julio & Lita Zen (Catatan Si Boy 2, 1988)


 Di film Catatan Si Boy 2, terdapat lagu romantis yang dinyanyikan Yana Julio dengan Lita Zen berjudul Emosi Jiwa. Lagu tersebut cukup dikenang hingga kini, dan sangat cocok untuk lagu tema film Cabo yang ceritanya Boy sedang dimabuk asmara dengan para wanita.

15. SELAMAT MALAM - Vina Panduwinata (Malam Satu Suro, 1988)


Unik dan berbeda. Film horor Suzanna menampilkan lagu tema yang bukan berlatar horor, namun lagu romantis milik Vina Panduwinata berjudul Selamat Malam. Liriknya begitu puitis dan musiknya terdengar romantis, tidak ada kaitannya dengan tema film Malam Satu Suro. Lagu ini diselipkan dengan adegan Suzanna yang sedang bermain piano dan sambil lipsync menyanyikan lagu ini, disaksikan oleh suami dan anak-anaknya, cukup berkesan. Mungkin pemikiran untuk meanmpilkan lagu Vina Panduwinata, adalah untuk menarik perhatian, karena Vina Panduwinata adalah penyanyi top saat itu dan lagunya yang menjadi hits.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar