Senin, 06 Februari 2012

Poster Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa (Part 2)

11. BADAI PASTI BERLALU (1977)

Siapa yang tidak tahu film ini. Film pop Teguh Karya ini selain menjadi box office, juga teruji dengan kualitas baik. 4 Piala Citra FFI 1978 pun diraih. Poster film ini juga begitu familiar oleh para penikmat film lintas generasi. Potret Christine Hakim berlari dengan tertawa lepas dengan gradasi warna hijau begitu melekat, karena juga menjadi sampul album soundtrack film ini yang begitu fenomenal. Poster ini terlihat sederhana, namun klasik dan begitu berkesan.




12. MASKOT (2006)


Poster ini bergaya minimalis. Sang maskot film ini, yaitu 'Ayam', cukup di pinggir saja. Tokoh-tokoh lain, ditampilkan karikatural. Poster ini sangat terlihat unik dan jenaka, tepat untuk menggambarkan film komedi ini. 










13. PEREMPUAN DALAM PASUNGAN (1980)

Film drama ini cukup unik, karena mengangkat tema berbeda, yaitu wanita yang dipasung oleh keluarga. Poster film ini juga telah menyiratkan hal tersebut. Seorang wanita yang tersiksa dipasung, karena dianggap gila oleh keluarga. Poster ini cukup dramatis.











14. CIN[T]A (2009)

Film tentang kisah sejoli berbeda keyakinan. Tentu tak etis menampilkan dua lambang agama di poster film. Dengan cerdik, yang hadir adalah setengah bagian bawah wajah dua sejoli dan juga "Orang-orangan jari" dengan mata keduanya, yang bisa menjelaskan satunya Muslim dan satu lagi Cina-Kristen. Cukup berkesan.



  
15. KASMARAN (1987)


Film karya Slamet Rahardjo yang meraih Piala Citra untuk Poster Film Terbaik FFI 1988 ini, bertemakan drama dengan beragam kompleksitas seperti seksologi, psikologikal dan thriller, semuanya digambarkan dengan baik dalam posternya. Poster yang menampilkan Ida Iasha yang setengah berbusana ini, tentunya memiliki daya jual, dan pastinya memiliki segi artistik yang cukup baik. Dari komposisi, pemilihan warna, ide dan konsep kreatif, hasil eksekusi poster ini dapat dikatakan cukup baik.





16. JERMAL (2009)

Sebuah film yang menceritakan eksploitasi anak di bawah umur dan poster nya pun sangat sederhana namun indah, dengan mengutamakan warna dominan biru dan penempatan objek di luasnya laut membuat poster ini secara alami menjadi dramatis.









 
17. PERKAWINAN DALAM SEMUSIM (1976)

Poster ini begitu kuat menggambarkan isi film ini. Menampilkan para tokoh, terutama Tuti Indra Malaon yang memegang senapan, memberi gambaran ada apa dalam film ini. Perkawinan Dalam Semusim di cap sebagai film Teguh Karya yang paling 'liar', dari segi cerita dan karakter para tokoh. Poster ini juga salah satu poster film yang keluar dari pakem di era 70-an, yang kebanyakan menggunakan media lukisan sebagai visual poster.

 18. I KNOW WHAT YOU DID ON FACEBOOK (2010)

Poster film ini sudah menggambarkan inti dari film ini, yaitu hal-hal yang ditimbulkan dari sebuah media jejaring sosial. Adegan fighting antara dua tokoh wanita divisualkan dalam poster, yang dimana adegan tersebut adalah best scene dalam film ini. Kita dibuat penasaran, apa yang terjadi terhadap kedua wanita tersebut, dan tentunya yang mencuri perhatian adalah wanita tomboy yang berambut cepak alias Kimmy Jayanti.

19. PINTU TERLARANG (2009)

Saya mengacungkan 2 jempol untuk pengerjaan poster film ini. Seniman desain grafis Mayumi Haryoto menerjemahkan segala centang-perenang isi kepala tokoh psikopatik yang dimainkan Fachry Albar dalam sebuah desain yang tak menggabungkan foto adegan, melainkan pameran ilustrasi mumpuni yang bernada vintage.

Inilah poster-poster film Pintu Terlarang. Semuanya memiliki konsep visual yang sangat baik. Dari komposisi, pemilihan warna, ide dan konsep kreatif, hasil eksekusi poster ini dapat dikatakan sangat baik, sehingga menjadi 'magnet' yang sangat besar untuk menonton film ini.

 

1 komentar: